Webinar Covid

Poin-poin hasil webinar dr. Sugeng Ibrahim M, Biomed (AAM) 26 Juni 2021, sbb :

1. Penyebab orang tertular adalah karena tidak memakai masker atau cara pakai masker yang salah atau sering buka masker.

2. Cara memakai masker harus rapat menutup hidung sampai dagu.

3. Masker medis lapis 2 atau kain 3 ply atau N95 cukup 1 saja.

4. Setelah pakai, dipotong kemudian dibuang, jangan masuk rumah, jangan dipegang-pegang.

5. Virus sebelum mutasi, penularan tanpa masker 15 menit, setelah mutasi yang dari India 5 menit.

6. Penyebab kematian bukan virusnya tapi badai sitokin : peradangan di paru-paru sehingga paru-paru berisi cairan (rongent warna putih), sehingga O2 tidak dapat masuk.

7. Obat cacing Ivermectin adalah obat cacing anjing, kuda, hanya menghambat replikasi RNA virus, jadi tidak efektif, karena penyebab kematian bukan virusnya tapi badai sitokin tadi.

8. Terapi plasma convalesence hanya efektif sebelum 5 hari. Obat Gammaraas mahal. Stem cell lebih murah.

9. 3-5 hari timbul gejala, puncak hari ke-7 sd 10, kemudian menurun. Hari ke-14 sembuh. Jadi jika test antigen negatif, mesti test lagi 5 hari kemudian, kalau negatif lagi berarti benar-benar negatif.

10. Test antigen negatif jika CT value > 30. Padahal benar-benar negatif jika > 35. Jadi jika test antigen negatif bisa false negatif, bisa otg, bisa menulari orang lain, harus test PCR. PCR negatif berarti antara 35-40. CT value makin rendah makin menular, gejala makin berat. Batas negatif jika CT value 35 keatas.

11. Batas saturasi oksigen 90, dibawah itu harus ke RS.

12. Cara menaikkan oksigen dengan cara menarik nafas dari hidung dalam-dalam, tahan 5 detik, buang, lakukan 5x.

13. Jika ada yang kena covid, berarti 30 orang sekitar harus diperiksa.

14. Pencegahan : vit C 500 mg, D3 1000 iu + berjemur jam 10 pagi, zinc diklolenat 20 mg (biasanya sudah ada bersama dengan sediaan vit C), susu murni (bukan susu kental manis yang isinya sawit susunya cuma sedikit) atau protein lain misal ikan, putih telur, kacang. Vit C lebih dari 1000mg menyebabkan osteoporosis.

15. Jika sudah divaksin D3 dan zinc tidak perlu.

16. Jika sudah pernah kena covid tidak perlu vaksin atau vaksin setelah 3 bln.

17. Jika sudah pernah vaksin kemudian ingin vaksin merk lain, setelah 6 bln.

18. Astrazeneca, Pfizer efikasi 99%, antibodi 1-1,5 th, tapi resiko penggumpalan darah karena yang dimasukkan virus hidup yang diubah RNA nya. Sehingga ada resiko penggumpalan darah. Sinovac efikasi 53%, antibodi baru akan dilihat bulan Juli ini pada penerima pertama di akhir Januari, tapi lebih aman saat vaksin. Sinovac harus di suhu 2-8°C, bertahan diluar dalam wadah esnya selama 6 jam, saat akan dipakai digenggam spy suhu naik sesuai suhu tubuh, baru disuntikkan. Astrazeneca, Pfizer harus disimpan di suhu yang lebih rendah.

19. KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) terjadi maksimal 3-4 hari, jika lebih dari itu berarti terpapar virus setelah vaksin.

20. Lian Hua berguna untuk mencegah penggumpalan darah. 3×4 kapsul slm 3 hari saja. Efektif hanya untuk gejala sebelum 7 hari. Pemakaian terlalu lama mengganggu ginjal.

21. Uap air panas digunakan untuk mengencerkan lendir di tenggorokan, caranya : segera setelah air mendidih masukkan ke ember, tutup dengan handuk, sampai uap terkumpul, buka handuk, masukkan kepala ke dalam handuk, dengan mata terpejam, sedot dalam-dalam uapnya dengan hidung, mulut tertutup, sehingga uap hanya sampai tenggorokan bukan paru-paru.

22. Orang kena covid dinyatakan benar-benar sembuh dan dapat bertemu dengan orang lain setelah 14 hari.

23. Jika isolasi mandiri di rumah, harus di kamar sendiri, kamar mandi dan tempat makan sendiri, setiap hari bersihkan pegangan pintu dengan air sabun dan orang di rumah tersebut harus terus pakai masker. Uv ruangan (uvA rendah, uvB tinggi – beda dengan sinar matahari) selama 30 menit tanpa ada orang disitu.

24. Minyak kayu putih hanya untuk melegakan tenggorokan bukan membunuh virus.

25. Ionic silver water berguna untuk membuat jadi basa, bukan untuk membunuh virus.

26. Pada penderita covid obat yang diberikan : antivirus (avigan atau fluvir efek sama saja, bedanya hanya harga karena buatan Jepang atau Indonesia), vit c 1000mg, D3 5000iu, zinc 50mg, pengencer lendir (flumucil) dan yang paling penting untuk menanggulangi badai sitokin (supaya tidak sesak nafas): kortikosteroid (dexametasone atau methylprednisolone 8 mg 2×1 tablet 7 hari kemudian menurun ke 4 mg selama 7 hari). Kortikosteroid hanya boleh 7 hari, lebih dari itu malah menurunkan imunitas, kurang dari 7 hari tidak optimal. Antibiotik sering diberikan untuk infeksi sekunder karena jika dirawat di RS kemungkinan ada infeksi nosokomial dari RS.

27. Perlu ke RS jika CT value < 30 dan saturasi O2 < 90.

28. Untuk Indonesia kondisi aman bebas penularan covid biss tanpa masker jika herd immunity sudah tercapai 167 jt penduduk (yang sudah vaksin + yang sudah sembuh dari covid). Sekarang baru sekitar 44 jt

Tambahan dari podcast di yutub channel Siti Fadilah Supari saat bincang dengan Prof. Nidom:
Kandungan vit D3 dalam darah harus diatas 30 um. Kalau dibawah itu, saat terinfeksi virus kebanyakan tidak tertolong. Kalau masih diatas 30 biasanya OTG. Yg ada gejala ringan rata² ngepas 30 um.

Tinggalkan komentar