Wisata Kuliner Surabaya

Surabaya adalah surga makanan. Kalau ke sini, jangan lewatkan merasakan enaknya makanan khas Jawa Timur yang asin, gurih dan nikmat.

Wisata Kuliner Surabaya

Wisata Kuliner Surabaya

Yang tersaji di sini adalah makanan khas rakyat yang murah dan enak. Maksudnya rasanya jauh melebihi harganya. (Kalau mahal enak sih banyak mas hehe). Dan bukan level restoran loh.

Di bawah disajikan beberapa yang pernah dikunjungi teman-teman. Ditampilkan urut abjad.

Maaf kalau ada informasi yang kurang tepat atau sudah berubah.

BAKSO DARMOKALI (BAKSO GOYANG LIDAH PAK TRIS)

  • Rasa : Pentolnya renyah (gak alot), alusan, kasaran, urat. Seporsi dapat 6 pentol : 5 standar, 1 besar. Tahunya enak seperti tahu Malang. Gorengannya rasanya sedang. Ditambahkan mi keriting dan sayuran. Kuahnya bening segar, gak mbleketrek. Bumbu di meja : sambel, garam, jeruk nipis, saos, kecapnya mantep (tak liat kecap bango).
  • Minuman : es campur 5rb, jus apokat 4rb, es teh 2rb, es jeruk 3rb dll
  • Lokasi : Jl. Darmokali seberang pusat kebudayaan Perancis
  • Harga : seporsi bakso saja 8rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 pagi – 9 malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : ini fotonya
  • Foto warung / depot : ini dia

BEBEK PALUPI

  • Rasa : Dagingnya empuk, potongan besar, asin dan gurih. Bisa nambah jerohan, kepala, hmmmm kemecer. Sambalnya rasanya sedang. Lalapan : kubis, kemangi, kacang panjang. Ini langganannya Rina, dia bilang lebih enak daripada bebek Gondangdia Jakarta.
  • Minuman : es teh dll
  • Lokasi : Rungkut YKP, sejajar dengan SMAN 17, seberang kantor Telkom
  • Harga : seporsi nasi bebek saja 12rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 11 siang – 9 malam / sampai habis
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : ini

BEBEK SINJAY

  • Tukang incip : Dimas, Penta
  • Rasa : Benar-benar rasa bebek khas Madura. Dengan sambel pencit yang mantap.
  • Minuman : es teh gelas besar cuma 2rb
  • Lokasi : Jl. Raya Ketegan, Jembatan Suramadu notok terus belok kiri arah Bangkalan, sisi kanan jalan, kira-kira 10 km dari Suramadu
  • Harga : nasi bebek saja 9rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 pagi – sore / sampai habis
  • Gambar peta lokasi : menyusul
  • Foto makanan : ini fotonya
  • Foto warung / depot : ini fotonya

GADO-GADO ARJUNO

  • Tukang incip : Dimas
  • Rasa : Rasa gado-gado dengan sayuran segar yang lezat. Bumbunya sangat terasa.
  • Minuman : es blewah 4rb, es dawet 4rb
  • Lokasi : Jl. Arjuno 127
  • Harga : seporsi 12rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 siang – 2 siang
  • Gambar peta lokasi : menyusul
  • Foto makanan : ini gado-gadonya
  • Foto warung / depot : menyusul

GADO-GADO HANDAYANI

  • Rasa : Bumbu kacangnya buanyak, rasa bumbunya segar asin gurih. Telornya dapat 1 bulat. Sayurnya selada, kecambah, kentang, tomat. Ditambah emping belinjo. Banyak kudapan kerupuk sebagai pendamping. Makanan sehat yang lezat.
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Jolotundo dekat Pacar Keling
  • Harga : seporsi 12rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 siang – 2 siang
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

KIKIL KAMBING DHARMAWANGSA

  • Rasa : Rasanya segar, kikilnya empuk. Rina ngidam anaknya di sini, katanya rasanya ueeenak.
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Dharmawangsa dekat depot sari rasa (kaki lima)
  • Harga : 15rb
  • Jam Buka : 6 – 7 sore
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

KIKIL SAPI NGAGEL

  • Rasa : Bumbu santennya mantap, kikilnya banyak dan empuk, di-imbuh-i balung sapi besar yang disedot dan di-gedruk2-kan ke piring biar sumsumnya jatuh, trus disruput, hmmm ngiler.
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Ngagel dekat Novotel, depan ruko
  • Harga : seporsi 10rb (kalau gak salah, tanpa minum)
  • Jam Buka : 6 – 7 pagi
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

KIKIL SAPI WARU JAYA

  • Tukang incip : Dimas.
  • Rasa : Kikilnya empuk banget, kuahnya mlekoh. Coba liat di foto makanan, hhhhhmmmm netes tes tes
  • Minuman : teh hangat 2rb, es teh 3rb, es jeruk dll
  • Lokasi : Waru sebelah pabrik biskuit UBM
  • Harga : seporsi 10rb, lontong 2rb
  • Jam Buka : 6 sore – 9 malam / sampai habis
  • Gambar peta lokasi : menyusul
  • Foto makanan : ini dia
  • Foto warung / depot : klik di sini

LONTONG BALAP PAK CIP

  • Rasa : Kuahnya sueger, khas rasa lontong balap, cambahnya munjung, petisnya pedes enak. Ada tambahan sate kerang kalau mau. Kudapan kerupuk putih. Inilah lontong balap paling murah dan uenak
  • Minuman : es degan asli, tanpa campuran air (proses mecah degannya bisa dilihat langsung, dijamin tanpa campuran air)
  • Lokasi : Jl. Srikana pinggir kali dekat toko peralatan bayi Suzana
  • Harga : seporsi 4rb (tanpa minum, es degan 2rb kl gak salah, murah pol pokok’e)
  • Jam Buka : 10 pagi – 1 siang
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : ini

PECEL SUZANA

  • Rasa : Bumbunya enak dan buanyak, pedasnya sedang, dikasih potongan lombok besar yang bikin rasanya sedap. Ini baru pecel murah dan dijamin enak. Sayurnya gak ada yang pahit, ngolahnya pinter. Peyek gragonya (udang kecil) gurih pol, ada juga peyek kacang. Lauk pendamping banyak : tahu, tempe, telur asin, ayam, jerohan dll. Teman saya Sidoarjo aja dibelani ke sini kalau pingin pecel
  • Minuman : aqua gelas
  • Lokasi : Jl. Kertajaya depan toko perlengkapan bayi Suzana
  • Harga : seporsi nasi pecel peyek saja (tanpa lauk) + aqua gelas 6,5rb
  • Jam Buka : 6 – 8 pagi
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : di sini (maaf kurang jelas)
  • Foto warung / depot : menyusul

RUJAK CINGUR BOK MARYATI

  • Rasa : Bumbunya wuih enak dan buanyak (wani bumbu), rasa petisnya benar-benar manteb. Cingurnya banyak. Kerupuk putihnya juga enak. Bisa matengan atau campur. Bumbu meja : lombok, garam. Sangat cocok bagi penggemar rujak cingur pedes.
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Jolotundo dekat Pacar Keling
  • Harga : seporsi 10rb (tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 siang – 2 siang
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : di sini
  • Foto warung / depot : di sini

SATE CAK MAT

  • Rasa : Bumbu kacangnya lembuuut, enak dan banyak. Pilihan : sate ayam, sate kelopo, sate kambing. Yang makan mboook buanyak, sampe dibuatkan lesehan di sampingnya. Tapi kalo njuali cepet, gak ngantri lama. Kalau yang ini yang terkenal sate ayamnya
  • Minuman : es teh, es jeruk dll
  • Lokasi : Jl. Dharmawangsa dekat pertigaan lampu merah Unair
  • Harga : sate ayam saja sejinah tanpa nasi 7rb, kalo plus nasi tambah 1rb kl gak salah (tanpa minum)
  • Jam Buka : 6 sore – 11 malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

SATE GULE KAMBING JAYA

  • Rasa : Rasa gulenya duuhhh, ngleker. Kuah santennya kok bisa uenak gitu ya. Dia pake daging kambing muda, makanya empuk, termasuk daging satenya juga empuk, potongan daging satenya besar. Bisa nambah kepala kambing, nyruput otak kambing.
  • Minuman : es teh, es jeruk dll
  • Lokasi : Jl. Dharmawangsa samping apotik Kimia Farma
  • Harga : saya biasanya beli gulenya saja 10rb (dimakan di rumah pake nasi sepuasnya)
  • Jam Buka : 10 pagi – 10 malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

SATE KELOPO BU ASIH

  • Rasa : Sangat terkenal dengan sate keloponya sejak jaman dulu, tidak perlu diragukan lagi.
  • Minuman : es teh, es jeruk dll
  • Lokasi : Ondomohen, dekat alun-alun kotamadya
  • Harga : sate kelopo saja sejinah
  • Jam Buka : pagi – malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : ini foto depotnya

TAHU CAMPUR PAK MAHFUD

  • Rasa : Bumbunya petisnya enak dan segar. Pilihan daging : tulang rawan, daging, koyoran atau campur. Sayuran selada air. Ada mi keriting sedikit. Sekali makan harus 2 piring ya, porsinya kalau untuk laki kurang deh kayaknya.
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Kalasan dekat Pacar Keling
  • Harga : seporsi tahu campur saja 9rb (daging sapi memang mahal mas, ini harga tanpa minum)
  • Jam Buka : 10 siang – 9 malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : ini dia
  • Foto warung / depot : menyusul

TAHU TEK PAK ALI

  • Rasa : Bumbunya petisnya enak, banyak, warnanya hitam pekat. Langganannya Harris
  • Minuman : es teh, teh botol dll
  • Lokasi : Jl. Dinoyo seberang roti Suzana
  • Harga : seporsi tahu tek saja 10rb (kl gak salah)
  • Jam Buka : 6 sore – 10 malam
  • Gambar peta lokasi : di sini
  • Foto makanan : menyusul
  • Foto warung / depot : menyusul

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: