Menyembuhkan sariawan berulang. Sebuah pengalaman pribadi

Sariawan berulang tentu sangat menyiksa, rasanya perih sekali. Dulu saya dalam sebulan bisa berulang 2 sampai 3 kali, tapi sekarang sudah bebas. Paling-paling dalam setahun 1 sampai 2 kali saja.

Sariawan disebabkan bakteri streptokokus sanguis atau jamur kandida yang hidup otomatis bila suasana rongga mulut sesuai dengan syarat yang dibutuhkan kuman untuk hidup. Gejalanya biasanya mulut kering (xerostomia) dan bibir pecah-pecah.

Berikut adalah cara-cara agar sariawan sembuh:

  • Ingat-ingat makanan yang sering bikin sariawan kambuh. Contohnya makanan pedas, minum / makan yang panas, terlalu berminyak dll. Sebisa mungkin dihindari. Biasanya cewek kalau makan bakso yang panas dan pedes. Nah …
  • Minum air putih 1,5 sampai 2 liter sehari. Caranya sering-seringlah minum 2 atau 3 teguk, jadi bibir dan mulut selalu basah. Jangan sekali minum 1 gelas langsung, lalu tidak minum dalam jangka waktu lama. Cara ini juga mencegah bau mulut (halitosis), agar kuman yang berada di mulut dan kuman yang naik dari lambung tersiram masuk ke dalam lagi.
  • Kalau makan, perbanyak porsi sayur dan buah
  • Jaga rongga mulut tidak sampai luka, terutama saat gosok gigi, makan tergesa-gesa yang mengakibatkan tergigit, atau ciuman yang terlalu hot (pedes … hehehe)
  • Tambal gigi yang berlubang. Gigi berlubang menyebabkan makanan tersangkut dan mempercepat tumbuhnya kuman
  • Gosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur malam
  • Obat serbuk cina tidak bisa menyembuhkan, hanya mengurangi rasa sakit dalam beberapa saat. Bila efek sudah hilang, perih muncul kembali
  • Tanpa bermaksud promosi, gosok gigilah dengan pasta gigi Enzim, saya sudah coba berbagai macam odol, cuma Enzim yang efektif mencegah sariawan
  • Kalau sariawan menyerang sekujur rongga mulut obati dengan kumur Enkasari, dalam 3 hari sembuh. Enkasari mengobati sariawan tanpa sakit (thanks Ino atas sarannya).

Cara ini sudah dipraktekkan oleh beberapa orang teman saya yang mau mencoba, semuanya sekarang terbebas dari sariawan.

Semoga cara saya cocok dengan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: